Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Saturday 17 November 2018

CARA MEMPERBAIKI MOTOR INJEKSI YANG RUSAK DAN MATI TOTAL


MotorBaja Motor injeksi sendiri saat ini telah menjamuri jalan raya dari kota dan plosok plosok negri. Motor injeksi selain keunggulanya yang sangatlah irit bahan bakar, Motor injeksi juga ramah perbaikan dalam arti mudah untuk melakukan perawatan pada motor injeksi tersebut.

APA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM PADA MOTOR INJEKSI.....?

Sebelum melangkah lebih jauh dan mendalam, alangkah baiknya anda mengetahui Apa Itu Injeksi.....?
Mungkin sebagian anda paham dan kenal kepada injeksi tetapi tahukah anda tentang hati sang injeksi.....? heheheh gurau dikit.

INJEKSI adalah sebuah terobosan teknologi yang di gunakan di dalam mesin pembakaran, dan pencampuran bahan bakar dan udara sebelum di bakar pada ruang bakar mesin.

Penggunaan injeksi pada kendaraan akan meningkatkan tenaga saat melaju di bandingkan dengan pemakaian motor sistem karbulator.

Mengapa bisa demikian....?

Karna sistem injeksi membuat bahan bakar pada motor tercampur secara homogen dan tertata.
Hal ini lah yang menjadikan sistem injeksi motor dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara di dalam mesin secara lebih akurat, efisien, sangat baik dalam proporsi dan keseragaman.

Adapun macam macam injeksi dapat berupa, mekanikal, elektronik dan pencampuran keduanya yang di rancang dengan limit yang sangat detile dan jelih.

Apa itu Sistem Injeksi Elektronik .......?

Yang dimaksud dengan sistem injeksi elektronik adalah :

Sebuah unit atau rangkaian kontrol elektronik yang berfungsi sebagai sensor untuk memonitor kondisi mesin dan menghitung jumlah bahan bakar yang di pergunakan.

Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar serta mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga yang lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Motor injeksi, Honda Injeksi, Beat Injeksi , Satria Injeksi , Fu Injeksi, Mesin Injeksi Dan Satria Fu Injeksi.

Kelebihan Motor Injeksi :
  • Rendahnya Emisi gas pembuangan / Bebas Asap
Pembakaran bahan bakar pada motor injeksi sangatlah sempurna sehingga emisi gas buang akan sangat rendah dibandingkan dengan karbulator.
  • Kuat dan bertenaga
Konstruksi sistem pada injektor sangatlah tepat pada intake manifold sehingga pencampuran bahan bakar pada mesin motor lebih homogen dan tertata atau sempurna .
  • Irit Bahan Bakar 
Air-fuel ratio pada injeksi sangatlah mempengaruhi kesempurnaan pembakaran pada mesin sistem injeksi. Standar AFR pada motor adalah 14,7:1 yang artinya 14,7 udara dan 1 bensin.
Kalkulasi AFR dapat berubah-ubah sesuai kondisi mesin,
Misalnya pada saat kondisi mesin dingin AFR 5:1, pada saat idle AFR 11:1, akselerasi 8:1, dan pada saat pemakaian ekonomis 40-60 km/jam AFR 16-18:1. Sehingga konsumsi bahan bakar pada motor injeksi lebih irit dibandingkan karburator.
  • Tidak memerlukan cok
Sistem pada motor injeksi sangatlah sempurna, Dan Telah di lengkapi sensor temperatur yang me-monitori dan melaporkan suhu mesin ke engine control module yang disebut E-C-M, Yang berfungsi memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin pada saat suhu mesin dingin.
  • Perawatan Yang sangat mudah
Motor injeksi mempunyai konsep bebas perawatan, Sehingga saat servis hanya di perbolehkan membersihkan saringan udara, busi, menyetel klep dan mengganti oli.

Kekurangan Motor injeksi :
  • Akselerasi kurang responsif.
Terjadinya proses yang panjang dari sensor dan laporan dari sensor-sensor lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berakselerasi.
  • Kurangnya tenaga ahli
Mungkin saat ini sangatlah kurang tenaga ahli di bidang injeksi, Terbukti pada saat saya menelusuri bengkel bengkel motor di kota saya ( palembang ). Mungkin faktor utama dari bengkel bengkel tersebut ialah alat bantu dalam melakukan proses perbaikan motor injeksi.

Sensitif terhadap benturan keras
Yang kita ketahui perangkat enggine control module  yang menggunakan elektronik sangat rentan terhadap benturan keras, Karna akan mengakibatkan pergeseran komponen sehingga berpeluang besar terjadinya kerusakan.
Biaya perbaikan nya juga membutuhkan biaya yang relatif masih mahal.
  • Sensitif bahan bakar 
Ujung injektor berukuran sangat kecil atau yang dikenal mikro, Sehingga sisitem injeksi sering kali berdampak penyumbatan bila motor sering habis bensin atau bensin kosong melompong heheheh. Karna logikanya tank bahan bakar pada motor akan mengerak bila motor tersebut telah berumur. Sehingga pada saat bensin habis tank akan panas karna cuaca dan sedikit benturan sehingga kerak kerak pada tank akan jatuh dan menutupi saluran bensin.
  • Sensitif kelistrikan
Injeksi tidak dapat hidup tanpa Aki atau batrai.

CARA MEMPERBAIKI MOTOR INJEKSI YANG BERJALAN BREBET , LOMPAT LOMPAT, GAS KOSONG, TIDAK LANGSAM DLL.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan motor berjalan grendet grendet, endut endutan , brebet, kayak mau mati, gas atau tarikan gas suka kosong dan hilang tenaga.

Sebenernya klasifikasi pada kerusakan motor satu dengan yang lain itu sama saja, tetapi bagi pemula tidak lah mudah mengetahui apa penyebabnya, berikut saya jabarkan sesuai dengan jenis kendaraan anda :

1. Honda 
bila si irit honda INJEKSI anda mengalami gejala seperti jalan brebet, gas tidak stabil ini dia cara perbaikannya :

- Cek filter udara
- Cek kanfas kopling
- Cek juga kopling ganda apakah habis atau tidak.
- Cek pengapian seperti kiprok, coil, cdi, jalur jalur kabel apakah ada yang kendur atau putus.
- Cek pada bagian injeksi,biasanya injeksi tidak begitu pengaruh , tetapi jika anda sering mengalami bensin suka kosong tidak salahnya anda mengecek pada bagian pompa ( pump) injeksi dan membran membran di dalam nya. Saya sasrankan dalam membuka injeksi ada baiknya anda bawa di deler deler terdekat.

2. Motor yamaha injeksi

Cara mengatasinya :
- Cek pada klep apakah terdapat kebocoran.
- Cek filter udara
- Cek kanfas kopling
- Cek juga kopling ganda apakah habis atau tidak.
- Cek pengapian seperti kiprok, coil, cdi, jalur jalur kabel apakah ada yang kendur atau putus.
- Cek pada bagian injeksi,biasanya injeksi tidak begitu pengaruh , tetapi jika anda sering mengalami bensin suka kosong tidak salahnya anda mengecek pada bagian pompa ( pump) injeksi dan membran membran di dalam nya. Saya sasrankan dalam membuka injeksi ada baiknya anda bawa di deler deler terdekat.

3. Motor Mio soul GT tarikan awalnya sering tersendat sendat. Untuk roller udah di ganti,tapi gejalanya masih ada.

Cara mengatasinya :

- coba cek pada bagian pompa bahan bakar biasanya motor mio sering kali mengalami hal seperti ini, pomp lemah.

- Cek memran karet pada bagian dalam pompa bensin apakah telah pecah karet atau membrannya atau masih normal. Biasanya karet membran pada motor mio soul hanya bertahan 5 tahun saja, lalu membran karet pada pompa bensin akan pecah dan ini yang membuat motor matik berjalan tersenset sendet.

- cek pada bagian filter udara, saringan udara.
- Cek pada pengapian cdi apakah api yang di hasilkan cdi masih bagus atau telah lemah.
- cek juga pada bagian klep biasanya terjadi kebocoran atau rembesan.

Bagi Penunggang motor INJEKSI mungkin sebagian senang karna tidak membutuhkan atau rendah perawatan. Mungkin Salah satu keunggulan INJEKSI inilah yang membuat produk tersebut naik daun dibandingkan Motor Karbulator.

Terbukti pada penelitian pasar dunia, Motor INJEKSI Akan lebih pesat naik Hingga tahun 2020 dari pada Karbulator. Tetapi disisi lain Mungkin sebagian dari anda mengalami kesulitan Dalam hal perbaikan atau Memperbaiki INJEKSI.

Salah satu Yang Mempengaruhi INJEKSI menjadi Jebol adalah bensin yang kurang baik.
Di indonesia sendiri Masih banyak yang mempunyai kebiasaan Mengisi bahan bakar eceran atau emperan.

Tahukah anda kualitas bahan bakar yang dijual saat ini kurang begitu baik, rata rata bensin yang di jual masih sedikit banyak tercampur oleh karat atau serbuk debu, Dan hal inilah yang lambat laun akan mempengaruhi ferforma Kendaraan INJEKSI anda.

CARA MEMPERBAIKI MOTOR INJEKSI YANG MOGOK ATAU INJEKSI YANG JEBOL DAN RUSAK.

Ada 4 langkah dalam melakukan perbaikan pada motor injeksi yang suka mogok.

1. ARUS AKI ( accu )

langkah pertama yang anda harus cek adalah Arus Aki, masih ada arus atau tidak pada aki yang terpasang pada kendaraan anda. Jika aki yang anda gunakan pada motor injeksi sudah Rusak Soak, ngedrop atau Lemah, Fuel Pam Tidak akan stabil atau tidak hidup sama sekali Karna kekurangan Daya setrum atau Listrik Pengapian.
Dan jika hal itu terjadi, cobalah anda menggunakan kick starter berulang – ulang untuk Memancing Pengisian Daya Listrik pada baterai/aki anda.

2. Fuel Pump Atau Pompa Bensin.

Langkah selanjutnya anda mengecek Fuel Pump atau sering di sebut dengan Pompa Bensin yang berposisi atau yang berada di dalam tengki motor.
Teliti Lagi dalam melakukan pengecekan, Pastikan hidup atau mati.
Jika anda ingin melakukan pengecekan pada pompa bensin menyala atau tidak Anda cukup Hidupkan kunci kontak pada motor, Kemudian Letakan telinga anda pada titik fokus Tengki motor anda. FUEL PUMP atau pompa bensin bila menyala mempunyai ciri ciri Dengan suara berdesing Atau seperti suara dinamo.
Bila fuel pump atau pompa bensin Injeksi Tidak menyalah Langkah Selanjutnya dengan cara memeriksa bagian fital FUEL PUMP MOTOR INJEKSI.
Biasanya yang sering terjadi pada fuel pump Motor injeksi yang Mati total adalah Karet pompa yang rusak atau jebol, pegas atau per/ver yang tidak sempurna lagi, atau tersumbat oleh karat pada lubang lubang atau karet vibratornya sehingga menghalangi pergerakan pump bensin .

3. Busi

Mungkin Hal ini sepele Tetapi apa salahnya anda teliti busi anda dahulu.
Jika dalam pengecekan Aki dan fuel pump dalam kondisi Baik, Maka langkah selanjutnya pengecekan pada busi.
Pengecekan pada busi cukup ringan anda hanya melihat apakah busi tersebut masih berapi fokus atau tidak atau mati atau hidup itu saja.

4. Saringan Udara

Pada kebanyakan Kasus pada motor Injeksi Yang Mati ialah kurangnya perhatian terhadap Filter Udara.
Langkah dalam melakukan perawatan perbaikan Pada Motor Injeksi ialah saringan udara.

Anda dapat membuka vas atau penutup saringan udara dan melihatnya apakah telah tertutup Debu atau Oli.

Bila saringan udara Tersumbat akan Besar kemungkinan motor akan Mogok, Jalan Tersengal sengal, Ngeradak, Gas tidak stabil, Gas loncat, Hilang Tenaga dan Mesin menjadi panas hingga klep atau injeksi akan jebol dan rusak.

Bila saringan udara telah ternoda atau telah kotor terkena Oli sebaiknya anda menggantinya, sebab susah untuk membersihkannya dan Kalau bisa pun akan tersobek dan mengakibatkan saringan udara tidak dapat di pakai lagi.

cara memperbaiki aki sering tekor pada motor injeksi

Ada pertanyaan dari tetangga saya tentang motor pada sore tadi, kenapa ya aki selalu tekor pada motor jenis injeksi dan di ganti aki yang baru cuma bertahan 30 menit saja dan tekor lagi....?

Dan satu teman saya juga menanyakan hal yang serupa tetapi beda kendaraan.
kenapa ya motor matic injeksi aki nya tekor trus, lampu emergenci nya menyala trus,trus di stater gak bisa, klakson gak ada suara,di selah/ engkol hidup pas jalan tersendat sendat kaya yg mau habis bensin trus mati....?

Mungkin permasalahan aki tekor udah banyak yang tahu tetapi bila keadaan motor dengan keluhannya seperti ini mungkin anda cukup membingungkan bukan..?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan jawab dengan terperinci apa saja penyebab aki baru bisa tekor.
Aki ialah benda yang sangat di butuhkan pada kendaraan roda 4 , 3, dan roda 2.

Apalagi bila anda memakai motor injeksi, Menjadi keharusan anda untuk mengecek dengan detile aki anda sebelum menggeber motor anda saat mudik jauh.

Mungkin aki ialah alat onderdil yang sepele tetapi aki sendiri sangat lah vital pada kendaraan yang memakai sistem injeksi.

Percaya gak aki soak dapat merusak sistem pump injeksi anda....?
Ya aki soak yang selalu dipaksakan untuk hidup malah menjadikan musibah besar bagi motor yang memakai sistim injeksi.

Kok bisa....?

Karna jika aki anda telah soak dan anda masih memaksakan kendaraan anda untuk hidup dan tetap berjalan, akan ada penyebab sistem injeksi yang kurang setabil saat membagikan uap bensin ke blog ruang bakar.

Alhasil injeksi pump akan blank dan cepat panas.

oke langsung saja saya bahas tentang persoalan yang di atas.
Penyebab terjadinya aki baru bisa tekor dan pas di engkol hidup dan pas berjalan tersendat sendat lalu mati.....

Cara mengatasi terjadinya masalah seperti di atas.

Antara lain :
1. Cobalah cek pada kiprok dan coil.
Jika kiprok dan coil baik cobalah langkah selanjutnya .
2. Cek kabel kabel pengapian dan biasanya terjadi konsleting antara arus minus pada aki dan arus plus pada aki.
3. Cek sepul apakah dalam keadaan normal apa tidak.

Mungkin 3 cara diatas telah cukup untuk mengatasi keluhan aki motor baru yang tekor.
kiranya cukup disini dulu penjelasan mengenai cara memperbaiki motor injeksi, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk anda.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment