Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Tuesday 13 November 2018

MOTO GP – Honda RC 213V vs Yamaha YZR M1


MotorBajaBuat kamu yg pecinta berat balap motor alias GP lover, tentunya tidak akan lupa dagan 2 putaran awal balapan kelas para raja kemarin. Di putaran pertama di Qatar,yamaha mendominasi podium 1 dan 2. masing2 lorenzo juara sedang rossi diposisi 2,sedangkan podium 3 dihuni marc marquest sang rooki. Untuk seri kedua di Austin USA, berbalik,rider2 honda yg mendominasi. masing2 marc marques di posisi 1,dani pedrosa di posisi 2 dan lorenzo diposisi 3. Tentu dua pabrikan motor terbesar didunia ini gak main2 dgn performa tunggangan rider2nya. 

Dengan kata lain, mereka pasti rela merogoh milyaran demi mengalahkan kompetitornya.Ya jelaslah, image dipertaruhkan disini. Honda punya kekuatan 250 tenaga kuda(BHP). sedangkan Yamaha dengan sepeda motor barunya untuk Moto GP hanya punya 230 lebih tenaga kuda (BHP). Batas RPM atau garis merah akan jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu karena batas kapasitas mesin ditingkatkan dari 800 cc ke 1.000 cc.

Spesifikas motor Honda RC 213V vs Yamaha YZR M1
  • SPESIFIKASI HONDA RC213V 
  • Engine : Four stroke liquid cooled pneumatic valve engine, V4 ,DOHC 4
  • Displacement: Up to 1000 cc 
  • Tenaga maksimum: lebih dari 250 bhp.
  • Top speed : 350 km/jam 
  • Gearbox: Six speed “seamless” cassette type gearbox with alternative optional ratio
  • Kopling: Fully adjustable multi plate slipper clutch 
  • Exhaust: Arrow Titanium line 
  • Panjang keseluruhan: 2050mm to 2070mm tergantung sirkuit
  • Tinggi keseluruhan: 1125mm 
  • Lebar keseluruhan: 645mm 
  • Berat: 157kg
  • BBM: 21 litres capacity ELF Oil: ELF Chassis
  • Features: Aluminium twin spare frame Fully adjustable steering and geometry Fully adjustable HRC magnesium triple clamp
  • Suspensi depan: Fully adjustable Ohlins TRVP25 diam 48mm upside down 
  • Suspensi belakang: Fully adjustable ohlins TRSP44
  • Ban: Bridgestone 
  • Wheel: OZ
  • Rem depan: Nissin 4 pistons caliper, 320mm Nissin carbon disc
  • Rem belakang: Nissin Twin piston caliper, 196mm Yutaka steel disc 
  • Screen : Rama 
  • Grip: ProGrip 
  • All accessory: Rizoma

  • SPESIFIKASI YZR M1
  • Engine : 4 langkah DOHC
  • silinder : 4 silinder dan 16 katup.
  • Pengapian : magneti marelli dengan busi NGK.
  • Sistem bahan bakar : injeksi. 
  • Pelumas : Motul.
  • Transmisi : 6 percepatan
  • kopling : kering multi plate slipper.
  • Power : 236 Bhp
  • Top speed : 360 km/jam.
  • Rangka : twin tube deltabox alumunium.
  • Suspensi depan : Up Side Down dari Ohlins 
  • Suspensi belakang : monosok Ohlins 
  • Wheel : diameter 16,5 inch dengan plihan lebar yang berbeda tergantung trek.
  • Ban : Bridgeston
  • Rem Depan : double cakram untuk depan dengan diameter 320 mm yang dibekap caliper brembo empat piston.
  • Rem belakang : piringan cakram tunggal dengan diameter 220 mm dan dijepit caliper brembo dua piston.
  • Berat : 157Kg
  • Kapasitas bahan bakar : 21liter.
Desain Yamaha YZR M1 2013 ini terlihat lebih segar, dan terlihat lebih hebat, walaupun tidak Nampak sponsor utama yang menempel pada fairing YZR M1 tersebut. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya jargon Yamaha Indonesia nempel pada bagian fairing bawah dan fairing depan. 

Yang unik, desain striping Yamaha YZR M1 ini didiesain sendiri oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang hampir semua bagian sama berwarna biru sebagai lambing kebesaran Yamaha, hanya yang membedakan diantara motor keduanya adalah beberapa bagian berwarna merah untuk Lorenzo, dan warna kuning untuk Rossi.


Nah, tentunya semua bisa membandingkan spesifikasi kedua motor terhebat di moto gp ini.. Dan ternyata memang kedua motor ini byk menjadi acuan atau ubahan modifikasi motor-motor di seluruh belahan dunia,  semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

No comments:

Post a Comment