Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Friday 28 December 2018

Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip


MotorBajaHalo, apa kabar semuanya, di kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas tentang penyebab lampu sein motor tidak berkedip. Permasalahan di mana lampu seindapat menyala, namun tidak mau berkedip Ada kemungkinan pernah dialami oleh anda sebagai pemilik kendaraan bermotor dan ada yang memiliki anggapan bahwa permasalahan tersebut merupakan kerusakan di bagian rangkaian elektronika.

Walaupun sering kali permasalahan tersebut diajukan, akan tetapi keberadaan dari lampu sein di sepeda motor memiliki arti yang sangat vital, supaya kita dapat memberikan sebuah isyarat atau tanda kepada pengendara yang lainnya mengenai arah sepeda motor kita melaju.

Di bawah ini adalah sejumlah hal yang menyebabkan lampu sein pada sepeda motor tidak mau berkedip, lengkap dengan tahapan untuk menyelesaikannya.

1. Salah satu bohlam lampu sein putus

Salah satu dari bohlam lampu sein ada yang mati atau putus adalah salah satu gejala yang sangat mudah untuk dipahami Jika lampu sen secara tiba-tiba tidak mau berkedip namun tetap menyala. Kondisi tersebut juga ditandai pada panel indikator lampu sein yang berada di dasbor sepeda motor tidak mau berkedip seperti biasanya.

2. Memeriksa bagian flasher

Apabila anda telah memastikan bahwa seluruh lampu sein yang berjumlah 4 bisa menyala dengan cukup terang, akan tetapi tetap saja lampu sein tersebut tidak mau menyala secara berkedip, maka kemungkinan permasalahan tersebut disebabkan oleh perangkat flasher.

Langkah yang pertama yaitu melakukan pemeriksaan pada bagian soket soket yang menancap, jangan sampai terdapat soket yang terlepas maupun koneksinya yang tidak sempurna karena kotoran maupun korosi.

Apabila masih dalam kondisi yang normal, maka flasher akan memproduksi suara pada saat saklar Sein diaktifkan.

Jika sudah tidak terdapat tanda-tanda suara dari bagian switch elektromagnetik atau platina flasher, maka bisa dimungkinkan komponen flasher tersebut yang mengalami kerusakan.Apabila secara kebetulan terdapat motor yang identik atau sejenis, maka tentunya dapat dicoba terlebih dahulu guna memastikan Bagaimanakah reaksi dari flasher tersebut.

Sebagai informasi saja bahwa harga untuk satu unit flasher ternyata cukup murah, yakni ada di Kisaran Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 40.000 serta sudah banyak dijual di toko spare part sepeda motor.

No comments:

Post a Comment