Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Wednesday 23 January 2019

Akselerasi dan Top Speed Naik, Pakai Jurus Kerok Roller dan Kipas CVT


MotorBajaRoller dan kipas motor matik bisa dimodifikasi untuk meningkatkan performa. Kipas ini biasa disebut juga puli depan. Pertama yang dilakukan Miftah untuk meningkatkan akselerasi dulu. Derajat kemiringan rumah roller dan kipasanya dibubut ulang.

"Agar lebih rata perlu dibubut, karena standarnya masih sedikit kurang rata," jelas Miftah. Dalam melakukan pembubutan ini tidak sampai bawah dekat lubang as, tapi disisakan tanpa dibubut.

Sisa yang tidak dibubut sekitar 5-8 mm.

"Sedangkan derajat kemiringannya tetap sesuai standar"


"Misalkan puli Yamaha NMAX kemiringan asli pabrik memang 13,8 derajat," jelas Miftah dari bengkelnya di Jl. Praja Dalam K No. 45 RT 06/05 Kebayoran Lama Selatan.

Ada sisa yang tidak dibubut dimaksudkan supaya seperti diganjal ring.

Mekanik balap biasanya untuk mengejar akselerasi kipas roller diganjal ring.

Dengan adanya ring atau bagian yang tidak dibubut, membuat belt CVT lebih turun.


Sehingga mesin teriak lebih dulu sampai didapat power maksimal, baru deh v-belt tergencet puli dan kipasnya.

Sebab sebagai mana kita tahu, peak power motor matic ada di putaran tengah sampai atas.

Yang perlu diingat, yang dibubut rumah roller dan kipasnya, derajat kemiringannya juga sama.

Pekerjaan kedua dilanjut untuk mendapatkan top speed lebih tinggi.


Caranya supaya v-belt tergencet lebih tinggi di bagian atas puli.

Untuk itu yang dimainkan atau dimodif agar roller bisa lebih naik.

"Caranya alur roller dibikin naik ke atas dengan cara dikerok," jelas Miftah.

Hasil dari modif rumah roller dan kipasanya bisa lihat di video bawah.

No comments:

Post a Comment