Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Sunday 20 January 2019

Penyebab Lampu Mobil Mati Total Dan Cara Mengatasinya


MotorBajaLampu utama atau headlamp adalah salah satu komponen yang memiliki peranan sangat penting pada mobil. Apalagi jika mobil tersebut digunakan di malam hari.Lantas, apakah yang akan terjadi apabila lampu depan pada mobil mendadak mati? Apakah penyebab lampu mobil mati total dan bagaimanakah cara mengatasinya?

Secara umum, letak permasalahan di lampu utama mobil memang cukup beragam. Contohnya ketika headlamp hanya mati sebelah, headlamp hanya mau menyala ketika jarak jauh, headlamp mati pada saat jarak jauh, headlamp yang cepat sekali mati,-ku serta berbagai macam permasalahan yang lainnya.

Tips di dalam mengetahui penyebab lampu mobil mati total dan cara mengatasinya
Berikut ini adalah sejumlah tips guna memahami serta mengetahui penyebab dari lampu mobil cepat mati serta tahapan-tahapan mengatasinya.

1. Bohlam lampu yang mati
Hal yang menyebabkan headlamp mobil mati total yang pertama dikarenakan oleh sejumlah faktor, diantaranya yaitu ketika pemasangan bohlam lampu yang keliru. Bohlam lampu mobil di bagian kaca memang wajib untuk steril dari kotoran maupun minyak. Dengan kata lain bagian kaca tersebut tidak boleh disentuh oleh tangan. Apabila kita akan mengganti bohlam lampu sendiri, maka pastikanlah anda tidak memegang bagian kaca dengan cara melindungi bagian tersebut.

Adapun penyebab bohlam mati yang berikutnya yaitu kualitas dari bohlam yang buruk. Bohlam lampu yang mempunyai kualitas baik rata-rata akan mempunyai usia pakai yang cukup lama Namun bohlam tersebut tentu mempunyai harga yang cukup mahal. Namun, apabila dihitung akan lebih baik menggunakan bohlam yang berkualitas baik dibandingkan dengan menggunakan bohlam KW yang rata-rata harganya jauh lebih murah. Adapun hal yang menyebabkan bohlam lampu mobil cepat mati adalah ukuran dayanya yang tidak pas dengan spesifikasi kendaraan atau mobil. Contohnya adalah apabila mobil Anda memakai daya bohlam 55/60W maka anda harus mengganti bohlam dengan spesifikasi yang sama persis.

2. Sekring yang putus
Fuse atau sekring putus mempunyai penyebab yang cukup beraneka ragam. Fuse yang putus secara umum dikarenakan oleh konsleting listrik, yakni ketika kabel yang menuju ke beban mengalami hubung singkat. Sekring tersebutlah yang memiliki fungsi guna mengamankan adanya sistem kelistrikan supaya tidak terjadi gangguan maupun kebakaran pada sistem yang lainnya.

Hal yang menyebabkan sekring putus yang lain diantaranya adalah lampu yang dipakai melewati daya spesifikasi tanpa adanya tambahan relay set, sekring yang diganti dengan kapasitas yang lebih kecil serta terjadinya hubung singkat kelistrikan. Oleh sebab itu, sebelum anda mengganti sekring yang putus tersebut, pastikan bahwasanya sudah tidak terjadi konsleting. Apabila masih ada kabel kabel yang mengalami konslet, maka lakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum sekering anda ganti.

Apabila anda mengalami keadaan darurat, maka anda dapat memakai sparepart yang tersedia pada kotak relay. Lantas, Bagaimanakah cara kita memakai lampu yang memiliki ukuran lebih besar? Caranya adalah dengan menggunakan relay set. Relay set tersebut merupakan suatu komponen yang bisa ditambahkan di sistem kelistrikan lampu utama yang memiliki fungsi sebagai switch guna mematikan serta menyalakan sebuah lampu yang mempunyai daya lebih tinggi Apabila dibandingkan dengan daya lampu standar.

Komponen dari relay set tersebut akan mengambil Trigger yang berasal dari soket lampu standar guna mengatur nyala lampu. Apabila anda hendak memasang relay set, silakan dipastikan untuk membeli yang memiliki kualitas bagus supaya awet serta rata-rata relay set sudah mempunyai fuse

3. Soket yang kotor atau kendor
Soket yang kotor atau kendor bisa menimbulkan lampu utama redup atau bahkan mati. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Soket yang kendor tentunya akan menimbulkan peningkatan resistansi pada sebuah penghantar yang diakibatkan oleh arus listrik yang mengalir menjadi terhalang serta bisa menimbulkan lampu utama mati. Adapun penyebab dari soket kotor atau kendor adalah soket yang mengalami karatan maupun oksidasi yang ditimbulkan oleh air. Rata-rata kondisi tersebut terjadi karena bagian cover soket headlamp tidak dipasang dengan benar sehingga pada akhirnya akan menimbulkan soket kotor.

4. Switch yang meleleh
Switch yang meleleh rata-rata dapat dirasakan ketika sedang mengoperasikannya. Switch yang meleleh tersebut biasanya akan terasa seret ketika digeser. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa berkonsultasi dengan bengkel langganan anda.

5. Relay Yang mati
Adapun tahapan untuk mengetahui kondisi relay yang mati adalah dengan langkah memegang relay memakai jari, lalu mengoperasikan switch lampu headlamp serta memastikan Ketika anda mengoperasikan switch, maka komponen relay akan mengeluarkan bunyi klik serta terasa adanya hentakan kecil dari dalam relay. Apabila hal tersebut tidak Anda rasakan maka ada kemungkinan kerusakan disebabkan oleh tiga faktor diantaranya adalah relay yang mati, kabel terputus maupun switch yang bermasalah.

Apabila Anda hendak memastikan bahwa Sanya komponen relay yang mengalami permasalahan, maka anda bisa mencoba untuk menukar relay dengan spesifikasi yang sama, selalu mengulangi langkah di awal tadi. Apabila relay mengeluarkan bunyi klik, maka relay tersebut sudah berfungsi dengan cukup baik. Langkah berikutnya tentu anda bisa membeli relay yang baru Serta menggantinya.

Demikianlah Uraian singkat tentang sejumlah penyebab lampu mobil mati total dan cara mengatasinya. Tidak dibutuhkan keahlian tinggi untuk bisa memahami serta mengetahui penyebab lampu mobil sekaligus beberapa tahapan sederhana pada proses perbaikannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment