Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Tuesday 26 February 2019

Alasan Ban Depan Motor Trail Berdiameter Lebih Besar


MotorBaja - Ukuran roda depan motor trail memiliki diameter lebih besar jika dibandingkan diameter roda belakang. Apa sih alasannya?

Menurut Dept Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop), Dwi Ibnu Baskoro, filosofi untuk offroad itu roda depan memang lebih besar karena berfungsi untuk meredam kejut, sedangkan roda belakang yang lebih kecil untuk membantu saat belok.

"Roda depan juga berfungsi untuk melibas gelombang pada permukaan jalan yang besar,

" Diameter roda yang lebih besar dari roda belakang, otomatis travel shock depan juga lebih panjang, supaya mudah dalam melibas segala medan.

"Kalau motor onroad itu ukuran roda depan dan belakang sama, karena sudut kemiringan saat menikung tentu berbeda," ujarnya.

Selain ukuran diameter roda lebih besar, motor trail juga cenderung menggunakan velg jari-jari. Karena menurut Ibnu velg jari-jari lebih ringan dan kuat, sehingga power bisa tersalurkan secara maksimal.

"Medan offoroad kan banyak bumpy dan hentakan, maka dibutuhkan pelek yang lebih kuat," Ibnu mengatakan.

No comments:

Post a Comment