Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Thursday 22 November 2018

Tips Cara Menghitung CC Sepeda Motor Yang Wajib Diketahui


MotorBaja - Pada dasarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi ke konsumen sehingga para konsumen tentu tidak perlu kerepotan lagi untuk mencari CC motor yang dibelinya. 

Namun tentunya, apabila kita memahami cara menghitung CC motor sendiri, maka hal tersebut merupakan salah satu kelebihan sehingga kita memiliki dasar-dasar untuk mengetahui berapakah kapasitas CC mesin pada sepeda motor.

Terlebih, untuk para mekanik tentunya wajib memahami dasar-dasar di dalam suatu konsep permesinan. Salah satu di antaranya adalah proses perhitungan kapasitas CC mesin sepeda motor yang harus dikuasai oleh para mekanik di bengkel tersebut. 

Dari latar belakang itulah, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang cara menghitung CC motor yang bisa menjadi bahan referensi untuk para mekanik di bengkel.

Ternyata, cara menghitung CC pada sepeda motor juga bisa dilakukan dengan tahapan cukup mudah dan hanya menggunakan rumus sederhana. Pantas, Bagaimanakah rumus yang digunakan untuk menghitung kapasitas CC mesin sepeda motor? Silakan perhatikan rumusnya di bawah ini:

CC pada sepeda motor = 0,785 X (D X D) X L

Dengan Keterangan:

D adalah Diameter piston

L = adalah Panjang langkah atau stroke

Apabila ingin diperjelas, maka kita mencoba untuk mengambil contoh mesin sepeda motor Honda Tiger yang memiliki kapasitas 186 CC. Pada sepeda motor bermerek Honda Tiger tersebut mempunyai panjang langkah 62,2 mm serta memiliki diameter piston 63,5 mm.

Dengan Berdasarkan data tersebut, maka bisa kita coba proses perhitungan yakni:

Kapasitas CC = 0,785 * (D * D) * L

= 0,785 * (63,5 * 63,5) * 62,2

= 0,785 * 4032,25 * 62,2

= 196,882

Sekian Uraian singkat yang bisa saya ulas di kesempatan kali ini. Ternyata, berdasarkan perhitungan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa kapasitas dari mesin Honda Tiger sudah diketahui. Pada proses pengambilan angkanya, cukuplah dibulatkan pada angka sebelum koma saja. 

Untuk menguatkan lagi rumus di atas, maka anda bisa mencoba untuk menghitung CC sepeda motor Anda yang berbeda dengan contoh artikel di sini. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

No comments:

Post a Comment