Breaking

POST TERBARU

Bagaimana Sistem Cara Kerja Pengereman Regeneratif?

MotorBaja - Sebelumnya apakah kalian pernah melihat atau bagaimana cara kerja sistem pengereman regeneratif? Sistem pengereman ini sebenarn...

APA YANG ANDA CARI ?

Sunday 9 June 2019

Tips Cara Memperbaiki Kiprok Pada Sepeda Motor


MotorBajaHallo sabahabat setia Oto.motif kali ini kita akan membahas tentang Tips Cara Memperbaiki Kiprok Pada Sepeda Motor. Jika anda yang punya motor yang tidak bisa di starter atau anda baru saja mengganti batre baru namun tidak bisa starter juga, kiprok ini bisa jadi penyebabnya. Kenapa saya bilang begitu, karena daya volt dari batre tidak sanggup untuk memutar dynamo starternya. Kan baru ganti batre ? iya memang benar anda baru mengganti batre baru, namun anda juga mesti tau batre akan habis jika tidak ada daya listik yang masuk ke batrai tersebut.

Tips Cara Memperbaiki Kiprok Pada Sepeda Motor

Regulator kiprok adalah sebuat benda yang ada pada sepeda motor yang bertugas sebagai pensetabil tengangan listrik pada sepeda motor tersebut, fungsi dari Regulator Kiprok tersebut adalah merubah arus AC dari coil sepeda motor tersebut menjadi Arus DC lalu arus DC dialirkan ke baterai AKI agar Baterai selalu dalam keadaan terisi jika sepeda motor di hidupkan.

Cara Mengetahui Kerusakan umum Regulator Kiprok

Kerusakan Regulator Kiprok sering terjadi adalah panas berlebihan pada Regulator Kiprok tersebut apabila mesin sepeda motor di hidupkan. 

Jika Baterai Aki sepeda motor sering mati alias jebol, padahal baterai Aki tersebut masih dalam keadaan baru itu artinya Regulator Kiprok sudah rusak, Karna mengalami kebocoran arus AC melewati output DC. 

Jika Keadaan baterai Aki masih baru namun sering kali mengecas dan baterai tersebut tekor kembali, pada saat menjalankan sepeda motor tersebut beberapa kilo meter kemudian. jika mengelami demikian artinya Regulator Kiprok Sudah mati total.

Namun anda tidak usah kuwatir, dalam kesempatan kali saya akan berbagi buat anda semua tentang cara memperbaiki Regulator Kiprok yang rusak.

Sebenarnya didalam Regulator Kiprok tersebut terdapat sususan komponen elektronik, terdiri dari Transistor, Resistor, Diode, Kapasitor kemudian komponen tersebut di susun dirakit dan diberi pendingin sehingga menjadi sebuat alat yaitu Regulator Kiprok sepeda motor. 

Gambar Regulator Kiprok Sepeda Motor Yang Sudah di Bongkar


Gambar diatas adalah gambar Regulator Kiprok sepeda motor yang rusak, kemudian bongkar lem siliconnya.

Kenapa di bongkar ? karna saya mencurigai alat ini ? kenapa saya mencurigai alat ini ? Karna battrai Aki sepeda motor saya sering kali tekor, padahal saya baru mengecas baterainya menggunakan alat pengecas baterai AKI.

Kerusakan Regulator Kiprok pada sepeda motor saya adalah salah satu PIN konektor telepas dan gosong dipangkal pin konektornya

Pin yang rusak tersebut menyatu pada komponen Regulator Kiprok itu sendiri, sehingga baterai aki tidak mendapat suplay teganggan DC dari Regulator Kiprok Tersebut, sehingga baterai menjadi tekor.

Kemudian, pin konektor yang terlepas saya sambungkan kembali menggunakan Solder listrik. Untuk menyambungkan kaki pin yang putus tersebut harus membongkar lem SILIKON Regulator Kiprok dari cangkang kiprop, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini :


Fungsi Lem SILIKON pada Regulator Kiprok tersebut adalah sebagai pelindung dari AIR komponen yang terdapat pada Regulator Kiprok itu.

Cara Memperbaiki

1. Bongkar silikon koprok dengan obeng minus
2. Congkel silkon secara perlahan-lahan alias hati jangan sempat komponen ikut tercongkel
3. Jika sudah, silakan cari komponen yang rusak tersebut dengan multitester
4. Ganti komponen yang rusak

Kesimpulannya

Nah, Didalam Regulator Kiprok sepeda motor tersebut  terdapat komponen – komponen yang mudah di ganti dan di  temukan satu persatu di pasaran. Artinya bahwa : Regulator Kiprok tersebut bisa di perbaiki tampa harus membeli Regulator Kiprok yang baru yang tergolong mahal juga,….

No comments:

Post a Comment